Kelas Pasif

Standar

Beberapa puluh menit lagi saya harus masuk kelas itu lagi. Kelas XII SMA yang pasifnya bikin mati gaya. Dua kali saya mengajar di sana, rasanya detik bergerak lambat sekali. Meskipun tidak menghitung setiap detaknya, jarum jam itu seolah -olah berdetak mengikuti langkah kaki saya dari depan kelas ke sudut -sudut kelas.

Biasanya, saya senang mengajar kelas XII SMA karena mereka sudah paham atau lebih mudah paham kata -kata rumit atau enak diajak diskusi tentang isyu -isyu terkini. Ternyata, kelas ini berbeda. Dua puluh kursi diisi 12 siswa pendiam dan 8 siswa pendiam juga. Tugas gurunya agar membuat mereka agak rame di kelas.

Materi kali ini susah -susah gampang. Materi tentang penalaran, di dalamnya dibahas metode penarikan simpulan secara induktif dan deduktif. Yang deduktif cenderung lebih sederhana. Sementara yang induktif, materinya lebih banyak dan perlu variasi contoh agar anak lebih paham.

Umm…saya belajar materi ini dulu deh. Meskipun dulu sudah saya pelajari di kampus, terlebih karena saya jurusan Filsafat, seharusnya materi penalaran sudah mendarah daging dalam diri saya. Sayangnya, kadang logika yang saya pakai terbalik maka saya harus belajar lagi. hehehe…

Saya sangat percaya bahwa skill mengajar sebenarnya didukung penguasaan materi yang optimal.

200722041326-1971

2 responses »

  1. Saya beli buku “taktik jitu lolos psikotes super lengkap” terbitan gramediana,2015 setelah saya baca isinya cukup menarik, prihal tata cara Wawancara maupun teknik pengerjaan soal2..tapi yang saya sesalkan adalah :
    1. kunci jawaban banyak sekali yg berbeda dgn pembahasan (contoh hal 40 no 17..pada pembahasan ‘penyempitan’=B tapi kuncinya malah A= perluasan)
    2. Soal yg salah (contoh hal 160 no 10 disitu gambar lanjutan tetapi berbeda dengan pembahasan =salah gambar)
    3. Hasil perhitungan matematika yg salah (contoh hal 90 pada pembahasan 4/4=0???)
    Dan masih banyak lagi
    Mengingat tingginya harapan masyarakat untuk dapat menyelesaikan soal psikotes dengan baik maka masyarakat membeli buku semacam ini
    TAPI apabila buku yg dibeli SALAH maka harapan untuk masuk kerja = HILANG
    mohon tanggapannya

    • Mohon maaf sangat lama merespons. Kami mohon maaf atas ketidaktelitian saat pengeditan. Acuannya ke pembahasan saja karena kunci bisa jadi salah mengetik.

      Terima kasih kritik dan sarannya. Kalau berkenan, di buku psikotes yang dicetak selanjutnya, saya kirimkan cetakan terbarunya.

      Sekali lagi mohon maaf sebesar – besarnya atas ketidaktelitian pengeditan.

Tinggalkan Balasan

