Gaji Oh Gaji

Standar

Selalu ada kasak-kusuk setiap jelang tanggal 1 tiap bulan. Kasak-kusuk yang merata terjadi di seluruh cabang bimbingan belajar kami. “Sudah gajian belum?” Terlebih bulan ini, tanggal 1 jatuh pada hari Minggu. Makin panjang penantian itu terasa. Huaah..

Kemarin, tanggal 30 Maret, saya dan beberapa orang teman lewat di depan ATM Bank dekat kantor. Antreannya cukup panjang. Hm..rasa iri menyergap kami. “Tuh, yang lain sudah masuk gajinya,kita masih lama.Kapan sih gajian teh?”gerundel Bu YS, pengajar bahasa Inggris.

“Tenang Bu, paling hari Minggu sudah masuk,” hibur Bu RY,pengajar Biologi. Saya hanya senyum-senyum dalam diam. Meski sama sebalnya, saya pasrah kalau gaji harus turun tanggal 2 April minggu depan.

Hari ini, karena tak sabar kapan gaji datang,sementara isyu yang beredar membuat hati makin bimbang. Teman saya langsung menelepon kabag keuangan. ” Bu, gaji turunnya kapan ya?” tanyanya begitu basa basi selesai.

“Tanggal 2 April,Bu,” nada kabag keuangan terasa dingin di hatinya.

“Owh..2 April..masih lama,” ujar Bu YS menghitung lima jarinya.

Kami semua tersenyum malang. Ah, adakah senyum malang?hehe..Yang pasti beginilah hari-hari akhir bulan saat penantian gaji tak kunjung datang. Menghitung sisa uang di dompet;mengendalikan nafsu belanja yang menyeruak kuat.

Dari buku manajemen keuangan yang pernah saya baca, ditulis bahwa kebiasaan mengetatkan ikat pinggang di akhir bulan adalah cermin pengelolaan keuangan yang buruk. Ups! Jadi, berapa banyak pekerja di negeri ini yang tidak mengetatkan ikat pinggang setiap akhir bulan? Saya yakin persentasenya pasti lebih besar ketimbang mereka yang tetap santai menyikapi tanggal-tanggal akhir bulan berjalan.

Iklan

2 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s